MENU DAN IKON MICROSOFT OFFICE DAN FUNGSINYA

 Fungsi Menu dan Ikon Pada Microsoft Word

I. Fungsi Icon pada Tab Home

Tab Home terdiri dari lima Group yaitu, Clipboard, Font, Paragraph, Styles dan editing.

Group Clipboard

Group Clipboard terdiri dari sekumpulan menu yaitu:

Paste : untuk menempelkan hasil copy atau cut.

Cut : untuk memotong teks/objek terpilih.

Copy : untuk menggandakan teks/objek terpilih.

Format Painter : digunakan untuk meniru format halaman dokumen ke dalam dokumen lainnya.

Group Font

Menu-menu di Group Font secara khusus berfungsi untuk pemformatan seputar huruf. Terdiri dari :

Font : untuk memilih jenis huruf

Font Size : untuk mengatur ukuran huruf

Grow Font : untuk memperbesar ukuran huruf secara instan

Shrink Font : untuk memperkecil ukuran huruf secara instan

Change Case : untuk mengubah status huruf kapital/huruf kecil

Clear Formatting : untuk menghapus pemformatan teks terpilih

Bold : untuk menebalkan teks terpilih

Italic : untuk memiringkan Teks terpilih

Underline : untuk memberikan garis bawah pada teks terpilih

Strikethrough : memberikan tanda coret padateks terpilih

Subscript : untuk mengetik karakter pemangkatan

Superscript : untuk mengetik karakter pemangkatan

Text Effect : untuk memberikan efek artistik pada teks terpilih

Text Highlight Color : untuk memberikan warna stabilo di belakang teks terpilih

Font Color : untuk mengatur warna teks terpilih.

Group Paragraph

Group Paragraph terdiri dari sekumpulan menu yang memiliki kesamaan fungsi untuk mengatur paragraf teks. perintah-perintah di Group Paragraph yaitu:

Bullets : untuk memberikan tanda bullet di tiap paragraf terpilih

Numbering : untuk memberikan format penomoran di tiap paragraf terpilih

Decrease Indent : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kiri

Increase Indent : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kanan

Left-to-Right : untuk menjadikan arah teks berjalan dari kiri ke kanan (format Latin)

Right-to-Left : untuk menjadikan arah teks berjalan dari kanan ke kiri (format Arab)

Sort : untuk menyortir data

Show Paragraph Marks : untuk menampilkan / menyembunyikan tanda koreksi paragraf

Align Text Left : untuk mengatur teks rata kiri

Center : untuk mengatur teks rata tengah

Align Text Right : untuk mengatur teks rata kanan

Justify : untuk mengatur teks rata kanan-kiri

Line Spacing : untuk mengatur jarak antar baris teks

Shading : untuk mengatur warna latar teks terpilih

Border : untuk memberikan garis tepi pada teks terpilih.

Group Styles

Group Styles terdiri dari dua menu. Yaitu:

Heading Styles : berisi pilihan format judul/subjudul dari paragraf terpilih

Change Styles : berisi pilihan pengaturan tema paragraf

Group Editing

Secara umum group Editing terdiri dari Find, Replace, dan Select. fungsinya adalah:

Find : untuk mencari kata tertentu berdasarkan keyword tertentu dalam suatu file

Replace : untuk mencari dan mengganti kata yang ditemukan untuk diganti dengan kata tertentu dalam suatu file

Select : digunakan untuk memilih objek atau teks tertentu di dalam suatu file

II. Fungsi Icon Tab Insert

Tab Insert digunakan untuk menyisipkan objek ke dalam dokumen yang dikelola. Baik berupa objek gambar, tabel, Shape, dan karakter spesial (Symbols). Bahkan dengan tab Insert tersebut, user bisa menyisipkan link ke file yang berada di luar dokumen, bahkan ke internet.

Secara umum perintah yang terdapat di Ribbon Insert terdiri dari 7 Group perintah yang memiliki kesamaan fungsi. Beberapa Group yang terdapat di tab ini adalah: (1) Pages, (2) Tables, (3) Illustrations, (4) Links, (5) Header & Footer, ( 6) Text, dan (7) Symbols.

A. Fungsi Icon di Group Pages

Cover Page : digunakan untuk menyisipkan serta memilih jenis halaman sampul.

Blank Page : untuk menyisipkan halaman kosong baru dalam suatu file dokumen

Break Page : untuk memisah suatu halaman file dokumen

B. Fungsi Icon di Group Tables

Insert Table : untuk menyisipkan tabel melalui dialog Insert Table

Draw Table : untuk menyisipkan tabel dengan cara menggambar di halaman dokumen

Convert Text to Table : digunakan untuk menjadikan teks terpilih berada dalam tabel

Excel Spreadsheet : untuk menyisipkan tabel dalam bentuk lembar kerja Excel

Excel Spreadsheet : untuk menyisipkan tabel instan yang sudah tersedia jenis dan bentuknya di dalam MS. Word 2010

C. Fungsi Icon di Group Illustrations

Picture : digunakan untuk menyisipkan gambar yang tersimpan di komputer

Clip Art : untuk menyisipkan gambar-gambar ilustrasi yang tersedia di library program

Shapes : digunakan untuk menyisipkan objek gambar autoshape

SmartArt : digunakan untuk menyisipkan gambar dalam bentuk organization

Chart : digunakan untuk menyisipkan diagram

D. Fungsi Icon di Group Links

Hyperlink : digunakan untuk menautkan teks / objek terpilih dengan file lain

Bookmark : digunakan membuat penanda buku

Cross-Reference : digunakan untuk membuat referensi antar file

E. Fungsi Icon di Group Header & Footer

Header : digunakan untuk mengatur kepala halaman suatu file

Footer : digunakan untuk melakukan setting terhadap kaki halaman suatu file

Page Number : digunakan untuk melakukan setting terhadap homor halaman

Header digunakan untuk mengatur kop atau kepala halaman suatu file. Biasanya suatu dokumen resmi perlu dibubuhi kop dari suatu organisasi. Dengan fasilitas Header tersebut, user dapat memberikan serta mengatur format header. Disitu terdapat beberapa format Header yang sudah built-in. User dapat memilih salah satunya yang sesuai.

Footer digunakan untuk mengatur atribut suatu halaman berupa kaki halaman. Biasanya di bagian footer berisi nomor halaman serta atribut komplementer lainnya. Seperti halnya header, Footer juga berisi pilihan mengenai format Footer sehingga user tinggal memilih serta melakukan setting seperlunya. Kesamaan antara header dan Footer adalah: jika user sudah membubuhkan keduanya di halaman tertentu maka Header dan Footer di halaman lainnya akan persis sama.

F. Fungsi Icon di Group Text

Text Box : digunakan untuk menyisipkan kotak yang dapat diisi dengan teks

Quick Parts : digunakan untuk mengatur teks otomatis dll

WordArt : digunakan untuk menyisipkan teks bergaya artistik

Drop Cap : digunakan untuk menyisipkan huruf kapital besar pada awal paragraf

Signature Line : digunakan untuk menyisipkan tanda tangan digital

Date & Time : digunakan untuk menyisipkan tanggal dan waktu terkini

Object : digunakan untuk menyisipkan objek dengan ekstensi OLE (Object Linking Embedded)

Text Box berfungsi untuk menyisipkan kotak teks sesuai dengan pilihan yang tersedia di menu tersebut. dengan ini user tidak perlu menyisipkan objek Shape yang kemudian di-Add text. Disini user juga bisa melakukan setting seperlunya terhadap Text Box yang telah disisipkan.

Quick Parts merupakan menu yang menyediakan perintah-perintah, antara lain : 

(1) Autotext digunakan untuk mengatur teks otomatis,

(2) Document Property untuk mengatur atribut dokumen.

(3) Field digunakan untuk menyisipkan Field atau judul tabel [dapat diset sebagai nomor otomatis sebagaimana di Access dan di Excel]

(4) Building Blocks Organizer digunakan untuk mengatur seputar partikulasi Quick Parts

(5) Save Selection to Quick Parts Gallery digunakan untuk menyimpan pemformatan dari teks terpilih ke dalam Quick parts Gallery.

WordArt digunakan untuk menyisipkan teks bergaya artistik. Dengan fasilitas ini user bisa menyisipkan tulisan-tulisan artistik 3 dimensi dan efek-efek lainnya.

Drop Cap digunakan untuk menysipkan huruf kapital dengan ukuran lebih besar di awal suatu paragraf. Disini lagi-lagi user disuguhi menu pilihan untuk mengambil salah satu bentuk Drop Cap yang diinginkan.

Signature Line digunakan untuk menyisipkan anda tangan digital melalui layanan khusus yang disediakan Microsoft Corporation.

Date & Time digunakan untuk menyisipkan tanggal dan waktu terkini sesuai dengan tanggal dan waktu yang berlaku dalam sistem. dengan ini user tidak perlu lagi mengutak-atik kalender atau bahkan membeli jam tangan hanya untuk membubuhkan tanggal dan waktu di surat undangan. Gunakan perintah ini untuk memasukkan waktu dan tanggal terkini di komputer.

Object digunakan untuk menyisipkan objek embedded, berupa objek yang dapat dprogram sehingga dapat menjalankan script tertentu. Objek yang dapat disisipkan dari perintah ini harus berupa objek dengan ekstensi OLE atau Object Linked Embedded.

G. Fungsi Icon di Group Symbols

Equation : digunakan untuk menyisipkan simbol-simbol persamaan, terutama dalam bidang matematika.

Symbol : digunakan untuk menyisipkan karakter khusus.

III. Fungsi Icon pada Tab Page Layout

Icon perintah yang terdapat di Tab Page Layout digunakan untuk pengaturan tataletak halaman dokumen Word. Tab ini terdiri dari 5 Group perintah, yaitu : (1) Themes, (2) Page Setup, (3) Page Background, (4) paragraph, dan (5) Arrange.

A. Icon Perintah di Group Themes

Themes : digunakan untuk memilih tema halaman yang meliputi warna halaman berikut warna hurufnya.

Color : digunakan untuk mengatur warna tema halaman.

Fonts : digunakan untuk mengatur tema huruf yang akan diterapkan ke halaman dokumen aktif.

Effect : digunakan untuk mengatur tema efek terhadap objek Shape yang terdapat di halaman dokumen.

B. Icon Perintah di Group Page Setup

Menu-menu yang terdapat di group Page Setup disediakan untuk melakukan pengaturan halaman, yakni dalam bidang ukuran kertas, margin halaman, pengaturan kolom teks, dll. Halaman dokumen dapat diatur sesuai dengan keinginan user, terutama untuk melakukan sinkronisasi dengan jenis dan ukuran kertas yang akan digunakan nantinya. Adapun menu perintah yang terdapat di group Page Setup yaitu : (1) Margins, (2) Orientations, (3) Size, (4) Columns, (5) Breaks, (6 ) Line Numbers, dan (7) Hypenation.

Margins : digunakan untuk mengatur batas teks di halaman dokumen.

Orientation : digunakan untuk mengatur posisi kertas.

Size : digunakan untuk mengatur ukuran halaman.

Columns : digunakan untuk mengatur jumlah kolom teks.

Breaks : digunakan untuk mengatur kontinuitas halaman maupun kolom teks.

Line Numbers : digunakan untuk mengatur kontinuitas nomor baris teks.

Hypenation : digunakan untuk memisahkan suku kata dengan tanda hubung secara otomatis.

C. Icon Perintah di Group Page Background

Perintah-perintah di group Page Background digunakan untuk mengatur latar belakang halaman file dokumen yang sedang digarap. Ada tiga menu perintah: (1) Watemark (2) Page Color, dan (3) Page Borders.

Watermark : digunakan untuk memberikan efek tanda air di belakang teks.

Page Color : digunakan untuk mengatur warna latar halaman.

Page Borders : digunakan untuk mengatur garis tepi halaman.

D. Icon Perintah di Group Paragraph

Menu perintah di Group Paragraph ini secara umum digunakan untuk pengaturan seputar paragraf teks. Sedangkan perintah-perintah yang terdapat di group ini: (1) Indent, dan (2) Spacing.

Indent : digunakan untuk mengatur batas teks;

Spacing : digunakan untuk mengatur jarak antar paragraf.

E. Icon Perintah di Group Arrange

Secara umum, perintah-perintah di group ini digunakan untuk mengatur: (a ) posisi objek di antara teks, (2) posisi objek dengan objek lainnya, (3) mengatur aliansi objek di halaman dokumen.

Position : digunakan untuk mengatur posisi objek di dalam suatu halaman 

Wrap text : digunakan untuk mengatur posisi objek dalam kaitannya dengan paragraf teks

Bring Forward : digunakan untuk untuk memposisikan suatu objek dengan objek lainnya

Send Backward : digunakan untuk mengirim objek terpilih ke belakang objek lainnya

Selection Pane : menampilkan panel navigasi objek

Align : digunakan untuk mengatur posisi objek lepas

Group : digunakan untuk mengelompokkan beberapa objek menjadi satu grup

Rotate : digunakan untuk memutar, dan membalik suatu objek terpilih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MATERI PRAKARYA